Revival Ekonomi! Langkah Besar untuk Lapangan Kerja dan Rupiah Kuat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, berambisi meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan menciptakan lapangan kerja melalui skema investasi family office atau pengelolaan dana berbasis keluarga.

“Kalau dia mau datang ke sini (Indonesia), misalnya dia investasi dengan dana 10 atau 30 juta dolar AS, dia harus mempekerjakan orang Indonesia di family office-nya. Nantinya, hal ini akan dikenai pajak,” ujar Luhut seperti yang dikutip dari akun Instagram resminya, luhut.pandjaitan, yang dipantau dari Jakarta, Senin.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menegaskan bahwa layanan penerbitan nomor induk berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS) tidak terganggu oleh serangan siber yang terdeteksi di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 pada 17 Juni 2024.

“Layanan OSS berjalan normal dari minggu lalu hingga sekarang. Tim kami terus waspada untuk memastikan tidak ada gangguan di masa mendatang,” kata Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa di Jakarta, Senin.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggarisbawahi pentingnya penyesuaian pengaturan impor guna mengangkat semangat pelaku industri di Indonesia yang merasakan dampak dari ketatnya pasar global dan regulasi perdagangan yang kurang mendukung.

“Saat ini, sektor industri berada dalam kondisi mengkhawatirkan. Pelaku industri mengalami penurunan optimisme terhadap masa depan bisnis, yang dipengaruhi oleh penurunan pesanan baru akibat kondisi pasar global, pembatasan perdagangan di luar negeri, dan peraturan yang tidak mendukung,” ujar Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief di Jakarta, Senin.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa persentase penduduk miskin pada Maret 2024 mengalami penurunan sebesar 0,33 persen poin dibandingkan dengan Maret 2023, menjadi 9,03 persen dari sebelumnya 9,36 persen.

“Angka penduduk miskin turun 0,33 persen poin dibandingkan Maret 2023,” kata Plt Sekretaris Utama BPS Imam Machdi di Jakarta, Senin.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Senin menguat berkat penurunan inflasi di Indonesia. Pada penutupan perdagangan, rupiah menguat 54 poin atau 0,33 persen menjadi Rp16.321 per dolar AS dari sebelumnya Rp16.375 per dolar AS.