Dirut PLN Siap Menggebrak Dunia Bisnis: Transformasi Menuju Keberlanjutan!

Dirut PLN Siap Menggebrak Dunia Bisnis: Transformasi Menuju Keberlanjutan!

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo telah dinobatkan sebagai Pemimpin Transformasi Bisnis Berkelanjutan dalam ajang Nusantara Corporate Social Responsibility (CSR) Awards 2024 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility. Di bawah kepemimpinannya, PLN berhasil meraih gelar Perusahaan Paling Bertanggung Jawab 2024 berkat 31 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan yang diakui memberikan kontribusi langsung bagi masyarakat dan lingkungan. Darmawan menegaskan bahwa PLN tidak hanya fokus pada aspek bisnis semata, tetapi juga berdampak pada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, program TJSL yang dijalankan oleh PLN sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Kami berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan listrik yang andal, tetapi juga menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Melalui program TJSL PLN, kami berusaha menjalankan kegiatan yang memberikan manfaat langsung pada kehidupan masyarakat,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi pada Rabu (24/7/2024). Dia menambahkan bahwa program TJSL PLN juga mengutamakan prinsip Creating Shared Value (CSV) yang melibatkan berbagai sektor dengan program-program prioritas seperti pemanfaatan sampah menjadi energi (Co-Firing), pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA), Electrifying Agriculture, pengembangan UMKM, dan lainnya.

Upaya ini merupakan bagian dari kesungguhan perseroan dalam mencapai pertumbuhan ekonomi berkualitas melalui keberlanjutan usaha, inovasi, penciptaan industri, penyediaan infrastruktur yang memadai, pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan peluang peningkatan lapangan kerja bagi masyarakat. Darmawan menegaskan bahwa penghargaan yang diterima akan menjadi motivasi bagi perseroan untuk terus meningkatkan dan memperluas program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program TJSL.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, hal ini tak terlepas dari upaya seluruh tim PLN di seluruh Indonesia yang telah berdedikasi melalui program TJSL. Kami akan terus meningkatkan kualitas program TJSL sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak orang,” tutur Darmawan. Chairman La Tofi School of Social Responsibility, La Tofi, menyebutkan bahwa ajang Nusantara CSR Award 2024 ke-15 kali ini diikuti oleh 75 perusahaan baik BUMN maupun swasta dengan mengangkat program CSR unggulan masing-masing perusahaan. Menurutnya, para pemenang penghargaan dinilai bukan hanya dari bentuk program yang dilakukan, tetapi juga dari dampak nyata yang dibawa kepada masyarakat dan lingkungan.

“Para pemenang kami nilai telah banyak memberikan perubahan positif dari Sabang hingga Merauke, bukan sekadar menghabiskan uang, tetapi benar-benar membuat perubahan yang signifikan,” kata La Tofi. Secara rinci, penghargaan The Most Responsible Companies 2024 diberikan atas program-program dari unit PLN dan subholding di seluruh Indonesia termasuk Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan 5 program, UID Lampung dengan 3 program, dan 2 program masing-masing disumbangkan oleh Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku dan Papua, UIP Kalimantan Bagian Timur, UIP Nusa Tenggara, UID Sumatera Barat, UID Jakarta Raya, Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat, dan UIW Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, masing-masing menyumbangkan satu program yakni UIP Jawa Bagian Tengah, UIP Sulawesi, UID Kalimantan Barat, UID Sumatera Utara, UID Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Barat, UIT Jawa Bagian Tengah, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Corporate University), serta PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Jeranjang.